Sayyidina Umar Bin Khattab r.a. Vs Sayyidina Abu Bakar AsShiddiq r.a.?

Di sebuah rumah kecil, hidup seorang nenek buta yang memiliki seekor kambing, sebuah ember dan tikar yang sudah usang. Melihat keadaannya yang sangat menyedihkan, Umar bin Khattab berjanji kepadanya untuk datang setiap saat membantu membersihkan rumahnya, memeras susu kambing dan membawa makanan baginya.

Satu hari sebagaimana biasa Umar bin Khattab datang ke rumah nenek buta itu, tapi hari itu sangat berbeda dengan hari kemaren, beliau mendapati rumah nenek itu sudah rapi, bersih, susu kambing sudah diperas dan makanan sudah tersedia. Beliau sangat heran siapa gerangan yang datang membantu ke rumah nenek itu?.

Hari berikutnya beliau datang lagi ke rumahnya. Begitu pula beliau dapatkan rumahnya sudah rapi, bersih, susu kambing sudah diperas dan makanan sudah tersedia. Timbul penasaran di hati Sy. Umar r.a.untuk mencari tahu siapa gerangan yang datang membantu nenek tua tsb.

Hari berikutnya beliau datang ke rumah nenek buta tsb pagi-pagi sekali. Hari itu berbeda dengan hari biasanya, beliau tidak masuk ke rumah nenek tsb, tetapi duduk di luar rumah menunggu siapa gerangan yang datang ke rumahnya setiap hari.  Tiba tiba seorang datang mengetuk pintu rumah nenek buta tsb dan masuk ke dalam rumah. Orang itu adalah Abu Bakar Shiddik r.a. Pada saat itu Abu Bakar menjabat sebagai khalifah.

Setelah Umar r.a. mengetahui kejadian itu, beliau kembali pulang dan di hati beliau tersimpan kesan indah dan pujian terhadap perbuatan dan kemurahan hati khalifah Abu Bakar r.a. yang selalu mendahuluinya dalam segala kebaikan.



by Hasan Husen Assagaf

No comments:

Post a Comment